Mengenai Saya

Foto saya
bogor, jawa barat
Komdak is Marches Lovers

Rabu, 01 September 2010

Informasi Mengenai Drum Corps AKPOL


@ HARKITNAS
@ HARKITNAS
Saat Polri telah berpisah dari TNI di tahun 2000, karena tuntutan reformasi di NKRI (baca indonesia) Lembaga pendidikan pembentukan perwira Akademi Kepolisian menyesuaikan berpisah dari Akabri. Pada  Tahun 2000 dibentuk sarana promosi bagi Akpol  yang dulunya berbentuk drum band Cendrawasih Akpol menjadi bentuk drum corps. Perubahan ini dipelopori  perwira Polri yang sangat visioner dalam membentuk Polri yang sipil sesuai tuntutan masyarakat yaitu DANMENTARSIS  AKPOL pada waktu itu KOMBES Pol. Gories Mere yang sekarang berpangkat KOMJEN (Komisaris Jenderal ) menjabat Kalakhar BNN .Saat ini penulis sebagai pengasuh mengasuh taruna Tingkat 3 dengan nama Detasemen Rinaksa Sakalamandala yang sudah bermain  drum corps di banyak tempat untuk event nasional maupun internasional.Drum Corps adalah kebanggaan yang dimiliki oleh Polri untuk mempromosikan AKPOL kepada seluruh adek-adek yang ingin menjadi perwira Polri .dibawah akan ditunjukan juga berbagai foto atraksi dari display drum Corps .
Pengertian Drum Corps Drum corps adalah  satuan bentuk musik lapangan. Komposisi dalam jumlah kelompok drum sama dengan marching band pada bentuk satuan musik ini kelompok alat tiup hanya terdiri dari alat tiup logam, sehingga akan berpengaruh terhadap aransemen musiknya, sedangkan bentuk musiknya tidak jauh berbeda dengan marching band.
Akademi kepolisian memiliki sebuah kesatuan musik yang biasa disebut sebagai drum band atau drum corps.  Inilah perbedaan AKPOL dengan Drum band Akademi TNI , Saat Polri telah berpisah dari TNI, otomatis Akademi Kepolisian berpisah dari Akabri. Mulai saat inilah dibentuk konsep baru drum band Cendrawasih Akpol menjadi bentuk drum corps. Sebuah konsep musik yang memainkan lagu - lagu relative lebih modern dan inovatif. Biasanya drum corps dipertunjukkan untuk mengisi acara baik ditingkat daerah sampai tingkat nasional,Seperti HarKitnas yang disaksikan oleh presiden SBY tahun 2007 di Gelora Bung Karno Jakarta ,Di Jogjakarta event Ulang tahun ,Pembukaan Rafting Internasional di banjarnegara 2010,Akpol GO Internasional di candi Borobudur 2010 dan banyak lagi di kabupaten yang meminta display dari DC Cendrawasih.drum Coprs  cendrawasih Akademi Kepolisian biasanya dipertunjukkan saat mengiringi defile pasukan atau mengiringi kegiatan kirab dan tradisi di Akademi Kepolisian yang secara turun temurun diturunkan dari senior kepada juniornya.Dilatih oleh pelatih Profesional yang diawasi oleh Pengasuh dan taruna senior .Drum Corps dipimpin oleh Taruna senior Tingkat IV (KADEN DC) dalam pelaksanaannya dibantu oleh 4(empat )stickmaster dan Penatarama (field Commander).
Saat ini drum corps cendrawasih Akpol dimainkan oleh 266 Taruna tingkat III . Terdapat beberapa lagu  display drum corps yang dimiliki saat ini yang  memainkan lagu “My Lecon” , “Sway” , “WONDER WOMAN” (Mulan jameela) , dan WELCOME TO MY PARADISE
.Semoga Kebanggaan Drum corps ini bisa diteruskan Untuk menjadi ajang Promosi dan pelayanan bagi Masyarakat dari AKPOL .
Latihan Colourguard
mengiringi Kirab @Semarang
atraksi bass drum


atraksi bass drum
DC Cendrawasih Den 43 /2010
Pampare DC Akpol


Pampare DC Akpol
DC Cendrawasih Den 43 /2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar